Langsung ke konten utama

Cara membuat password pengaman pada flashdisk

Flashdisk, mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar kata ini bahkan mungkin saja kalian sudah sering menggunakanya. Diera sekarang sudah tidak jarang lagi orang memiliki benda ini, entah untuk pekerjaan kantor ataupun sebagai tempat menyimpan  tugas bagi seorang pelajar. Flashdisk memiliki penyimpanan yang cukup besar mulai dari 2GB, 8GB, 16GB, 32GB hingga 1000GB (1TB). Selain kapasitas penyimpanan yang besar, flashdisk juga memiliki ukuran yang mini sehingga membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana.


Namun bagaimana jika didalam flashdisk kalian terdapat document pribadi dan kalian tidak ingin document tersebut dilihat oleh sembarang orang, maka yang kalian butuhkan adalah menambahkan sistem keamanan pada flashdisk kalian.  Sistem keamanan yang saya maksud disini ialah  sistem berupa kata sandi (password), sehingga apabila seseorang ingin mengakses flashdisk kalian maka orang tersebut akan diminta untuk memasukan password terlebih dahulu.

Kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat system keamanan berupa password pada sebuah flashdisk. Disini saya menggunakan windows dengan versi 8,  untuk windows 7 dan windows 10 langkahnya juga tidak jauh berbeda dengan windows 8. Langsung saja kita ke langkah pembuatanya :

 

Langkah-langkah memasang password pada flashdisk :

1.    Pertama, masukkan flashdisk ke port USB perangkat kalian. Kemudian pencet tombol  “windows + R” , lalu ketikan “control” klik “ok” maka kalian akan dibawa masuk ke halaman “Control Panel”.


2.    Kedua, klik “System and Scurity” maka kalian akan ditampilkan beberapa menu, klik “BitLocker Drive Encription”.



3.    Ketiga  pilih flashdisk yang ingin kalian kunci, selain flashdisk kalian juga bisa memasang password pada setiap drive pada perangkat kalian. Setelah dipilih, klik “Turn on BitLocker” untuk mengaktifkan system keamanan.


 

4.    Langkah keempat masukkan password sesuai keinginan kalian,  sekedar saran berikan password yang simple saja dan mudah untuk diingat.  Jika sudah klik “Next”.


Setelah memasukkan password kalian akan  diminta untuk menyimpan file “recovery Key”. File ini berfungsi untuk membuka flashdisk ketika kalian lupa password.



Jika sudah kalian bisa klik “Start encrypting” untuk memulai pemasangan. Setelah itu tunggu hingga proses selesai.



Untuk mengecek apakah password sudah terpasang atau belum, kalian bisa cabut flashdisk lalu tancapkan kembali pada perangkat kalian. Setelah flashdisk dipasang pada perangkat maka secara otomatis akan muncul tampilan untuk memasukkan password.

 

Cara menghapus password keamanan pada flashdisk :

Setelah langkah pembuatannya, kalian juga wajib tahu nih cara menghapusnya. Untuk cara menghapusnya cukup mudah, dengan cara masuk kembali ke pengaturan “Control Panel” kemudian masuk ke “System and Scurity” lalu pilih “BitLocker Drive Encryption”. Setelah itu pilih flashdisk yang ingin dihapus passwordnya, maka akan tampil beberapa pilihan seperti dibawah :


Dalam tampilan tersebut, klik “Turn off BitLocker” lalu tunggu prosesnya hingga selesai.


Gimana teman-teman… tertarik untuk mencoba, cara diatas merupakan salah satu cara memasang system keamanan pada sebuah flashdisk tanpa harus menginstall software bantuan terlebih dahulu. Selain mudah cara ini juga cukup efektif untuk mengamankan berkas dokumen dari teman yang jail.


Nah… cukup sampai sini tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Jika ada penjelasan yang sulit difahami, kalian bisa tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Sekian… Terima kasih…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat logo dari kayu Picsay Pro

Kayu, merupakan salah satu bahan pembuatan karya seni bagi sebagian besar seniman. Selain mempunyai tekstur yang keras, kayu juga mempunyai berbagai jenis corak yang indah. Maka tak sedikit orang yang memilih kayu sebagai bahan pembuatan kerajinan. Selain para seniman, para editor juga bisa membuat karya dengan memanfaatkan corak kayu yang khas itu. Misalnya membuat logo seperti berikut : Dengan memanfaatkan tema kayu, para editor dapat membuat sebuah karya yang cukup menarik. Selain hasil yang keren proses pembuatan nya juga tidak terlalu sulit, kalian hanya perlu menempelkan stiker kemudian diberi efek shadow lalu dirapikan. Sebelum pembuatan, hendaknya kalian persiapkan dulu bahan yang dibutuhkan : Mentahan kayu :  Download mentahan kayu .jpg Font stiker pita :  Download font yorkwhiteletter.zip Setelah kalian download jangan lupa kalian tambahkan terlebih dahulu font diatas kedalam aplikasi Picsay Pro. Baca juga :  Cara menambah Font di aplikasi Picsay Pro mudah dan cepat Langkah-l

Cara membuat tulisan diatas lilin Picsay Pro

Pernah nggak sih kalian lihat foto nama seseorang yang terbuat dari api, entah itu dari korek, lilin atau yang lainya? Apakah kalian tertarik ingin membuatnya namun belum tahu caranya? Tenang karena kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara membuat nama diatas lilin menggunakan aplikasi Picsay pro. Sebenarnya cara pembuatan nya tidak terlalu sulit, hanya perlu menggabungkan antara api dengan nama yang kalian buat, tetapi jika kalian kurang teliti maka hasilnya akan terlihat kurang rapi. Dalam pembuatan nya kalian tidak bisa menggunakan font sembarangan, kalian memerlukan font yang bernama KRINKES. Font ini bisa kalian download di berbagai situs web penyedia font gratis, namun jika kalian bingung untuk mencari nama situs nya, kalian juga bisa download di link yang saya berikan dibawah. Font Krinkes :  Download Font KRINKES Mentahan Lilin :  Download mentahan lilin .jpg Setelah kalian download filenya, maka kalian harus mengekstak file tersebut. Setelah di ekstrak maka kalian

Cara menambah Font Picsay Pro mudah dan cepat

Apakah kalian sering menggunakan aplikasi Picsay Pro? Dan berfikir bahwa font yang disediakan terasa kurang lengkap? Tenang karena kali ini saya akan memberikan tips salah satu cara menambahkan font di aplikasi Picsay Pro. Memang Picsay Pro telah dilengkapi dengan tools untuk mengubah font teks didalamnya, namun font-font tersebut sangat terbatas jumlahnya, sehingga banyak dari kalian pasti bosan dengan font yang itu-itu saja. Nah… asal kalian tahu ternyata font di Picsay Pro dapat ditambah sesuai keinginan kalian loh… Bahkan di google terdapat banyak tutorial untuk menambahkan font di Picsay Pro dengan jumlah ratusan bahkan ribuan font. Namun untuk menambahkan font, saya sarankan agar secukupnya saja karena selain mempersulit dalam pencarian, font ini juga memakan penyimpanan internal ponsel kalian. Jadi alangkah baiknya kalian tambahkan yang benar benar dibutuhkan saja, agar tidak menumpuk dan menjadi sampah di android kalian. Nah… Sebelum memasang font ke aplikasi, kalian harus mend